Danau Sentani - Papua

۩ Gembel Elit ۩ Danau Sentani adalah Danau yang terletak di Papua Indonesia. Danau Sentani berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops yang memiliki luas sekitar 245.000 hektar. Danau ini terbentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua. Danau dengan luas sekitar 9.360 hektar terletak di ketinggian 75 mdpl merupakan danau terbesar di Papua.

Di Danau ini juga terdapat 21 buah pulau kecil penghias Danau Sentani. Kata Sentani sendiri berarti 'Di Sini Kami Tinggal Dengan Damai', nama itu pertama di sebut oleh seorang Pendeta Kristen BL Bin ketika melaksanakan misionaris di wilayah Danau Sentani pada tahun 1989.
http://travel.kompas.com/read/2013/06/22/1028375/Festival.Danau.Sentani.Dongkrak.Kunjungan.Turis.ke.Papua
Danau ini sudah sering terdengar di telinga para Wisatawan Lokal maupun Mancanegara karena keanekaragaman dan view danau yang mempesona. Danau Sentani sudah di kelola menjadi objek wisata karena berjarak 50 kilometer dari Jayapura, sebagai pelengkap di Danau ini sudah terdapat perahu wisata untuk melihat view Danau yang menawan dengan berkliling di Danau Sentani.
Apalagi kalo kalian datang pas diadakanya Festifal Danau Sentani (tradisi budaya tahunan untuk menarik wisatawan), wuih seru pokoknya vrohh ^_^. Biasanya diadakan pada pertengahan bulan Juni tiap tahunnya dan sudah masuk kalender pariwisata utama.
beberapa yang biasanya di tampilkan di Festifal tersebut :
  • Tarian-tarian adat di atas perahu
  • Tarian perang khas Papua
  • Upacara Adat seperti penobatan Ondoafi
  • Berbagai sajian Kuliner khas Papua
  • dan masih banyak lagi yang di tampilkan di Festifal Danau Sentani.
Engga cuma berkeliling dengan perahu dan melihat Festifal vrohh, ada juga beberapa keanekaragaman ikan yang ada di Danau Sentani. Di Danau ini terdapat 30 spesiesikan air tawar dan 4 diantaranya merupakan endemik Danau Sentani yaitu :
  • Ikan Gabus Danau Sentani (Oxyeleotris Heterodon)

  • Ikan Pelangi Sentani (Chilatherina Sentaniensis)
  • Ikan Pelangi Merah (Glossolepis incisus)
  • Hiu Gergaji (Pristis Mocrodon)
Danau Sentani juga di jadikan lokasi wisata untuk Berenang, Bersampan, Menyelam, Memancing, Sky Air serta wisata kuliner. Diantara keempat ikan endemik Danau Sentani yang populasinya semakin menyusut adalah ikan Gabus Danau Sentani, hal ini dikarenakan telur ikan ini di makan oleh ikan gabus jenis lain.

1 komentar:

  1. nice picture kak, indahnya ikan pelangi
    kalau main ke jogja jangan lupa ke tempat kami kak
    kursus web jogja

    ReplyDelete